Selasa, 05 April 2011

5 Band Indonesia Dengan Kualitas Internasional

Inilah band-band Indonesia dengan kualitas Internasional yang masih banyak orang-orang Indonesia belum mengetahui karya-karya mereka. Berikut ada beberapa band yang saya ambil sebagai contoh bahwa band-band ini sangat di akui kualitasnya di Internasional. So, yg sudah tau bantu TS aja mungkin ada yg kurang dari info yang ane berikan. Yang belum tahu ayo simak baik-baik info sederhana dan video yang bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan musik Indonesia. Dan sebelumnya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

1)
The Trees & The Wild



Nah..!! siapa sangka kalo band asal Jakarta ini ternyata band karya Indonesia. Di tahun 2006, band yang memulai awal perjalanannya dengan 3orang. Berawal dari sebuah pertemanan dan mereka menciptakan beberapa karya yang sederhana dan ear catching, mudah dicerna dan cukup minimalis.
”Honeymoon on Ice” adalah single pertama dari mereka yang diperkenalkan ke publik dan mendapat apresiasi bagus dari salah satu radio anak muda Ibukota. Lagu paling minimalis ini terinspirasi dari sebuah film karya Michel Gondry yang berjudul “Eternal Sunshine of the Spotless Mind.”
Selain itu, “Lil’fish records”, label milik Agus Sasongko, Media Distorsi tertarik untuk merilis album penuh mereka setelah mendengarkan beberapa lagu “The Trees & The Wild” via myspace. Dari sana kemudian terjalin kerjasama antar keduanya. Alhasil, Pada Februari 2009 album pertama mereka yang berjudul “Rasuk” resmi beredar di bawah payung label tersebut. Coba lah dengar lagu-lagu band yang satu ini dan agan/sista akan merasakan seperti ada sesuatu hal yg indah dan jangan kaget kalo karya ini adalah karya Indonesia.

2)
Mocca


Siapa yg masih blm tau band ini hayoo?? Hehe.. kayany masih ada yg blm tau mungkin krn sibuk dengerin lagu-lagu yg kalo manggung ky grup sirkus . Mocca terbentuk pd tahun 1997 krn pertemanan satu kampus (wahh tua jg nih band umurnya). Salah satu yg membuat band asal Bandung ini terbentuk adalah krn ketidak cocokan para personilnya dgn band sebelumnya. Sudah jelas kualitas sangat di akui di Indonesia maupun di Internasional dan beberapa kali hitsnya menjadi soundtrack film layar lebar (mentang-mentang lebar bkn layar tancep yaa..!!). Beberapa karya sudah di hasilkan oleh band ini baik E.P maupun album seperti “My Diary (2005), Friend (2004), “Ost. Untuk Rena (2005), “Colour (2007)”, dan “Dear Friends (2010)” dan album ini tidak hanya beredar di Indonesia namun di beberapa Negara di Asia seperti Jepang, Korsel, Thailand Singapore, dll. Jg beredar. So, bagi agan/sista yg blm pernah denger lagu-lagu Mocca ayo coba dengerin dan nikmati karya anak Bangsa Indonesia pasti terasa berbeda seperti mendengar lagu-lagu barat.

3)
Burgerkill


Inilah salah satu band asal Bandung superkeras a.k.a metal yang sangat diakui musiknya baik di Indonesia maupun di kancah International. Berdiri pada tahun 1995, band ini mengusung jenis music hardcore yang pada saat Itu sedang eranya jenis genre ini. Formasi player band ini pun beberapa kali
mengalami pergantian seiring dengan waktu yang terus berjalan sampai sekarang.
Pada tahun 2006 terjadi musibah yang menimpa band ini dan sangat menyedihkan bagi para fansnya
Karena sang vokalis (Alm. Ivan Scumbag) yang dari awal membentuk band ini menghembuskan nafas terakhirnya karena mengalami peradangan otak padahal saat itu band ini tengah melakukan proses peluncuran album baru mereka di akhir juli 2006. Akhirnya seiring waktu berjalan mereka menemuka frontman baru yaitu Vicki. Dan sampai saat ini band ini terus menghibur fans-fansnya baik di Indonesia maupun di Luar. Beberapa album yang sudah di keluarkan band ini adalah “Dua Sisi (2000), Berkarat (2003), dan Beyond Come and Despair (2006). Pada album “Berkarat (2003)” menampilkan sebuah lagu yang berkolaborasi dengan seorang vokalis band papan atas Indonesia yaitu “Fadly (Padi)” dengan judul lagu “Tiga Titik Hitam”. Bagi agan/sista yang suka dengan musik keras dan belum pernah mendengar lagu-lagu band yg satu ini, tunggu apa lagi ?? karena setelah mendengar maka kalian akan heran “apa benar ini karya orang Indonesia??”.

4)
The S.I.G.I.T


Ada yang tau band ini..?? Saya rasa bagi para penikmat indie/rock/rock n roll/garage rock gak mungkin kalo gak tau band karya anak bangsa Indonesia yg ini, yg sangat di akui keberadaan dan musiknya baik di Indonesia maupun Internasional tapi kalo ada yg gak tau yauda simak dulu info sederhana saya, hehe. Band asal bandung ini terbentuk karena pertemanan antar personilnya (kayanya banyak band sukses yang terbentuk krn pertemanan yaa??) gara-gara liat kakaknya (salah satu personil The S.I.G.I.T) manggung di Jakarta.
The S.I.G.I.T (jangan ditulis D’sigit..alay dah..!!) merupakan singkatan dari “The Super Insurgent Group of Intemperance Talent”. Nama ini terbentuk krn salah satu personilnya iseng nyari nama band di mbah google (tau bner tau gak ini cm info yg saya dpt krn emg personilnya suka ngelawak) dgn mengetik nama bapaknya sigit dan Alhasil, keluar singkatan dari sigit “Science Interest Group” dan melalui proses edit jadilah nama resmi band tsb dengan singkatan yg baru. Terinspirasi dari band-band lawas seperti “Led Zeppelin, The Clash dan The Beatles” menjadi pengaruh karya-karya yg mereka hasilkan. Beberapa E.P dan album yg mereka keluarkan salah satunya Visible Idea of Perfection (yang judulnya diambil dari buku Ideals & Idols: Essays On Values in History and in Art karya E.H. Gombrich) bisa agan/sista dapatkan di toko-toko kaset atau unduh lewat inet (byasa drpd beli mahal-mahal mending donlot..hahaha).
Silahkan didengar bagi yg blm pernah mendengar dan jgn heran kalo ini karya Indonesia.

5)
ERK ( Efek Rumah Kaca)


Nah..!! kalo yg ini agan/sista pasti banyak yg sudah tau kn..?? Bagi yg blm tau coba sempatkan waktu agan/sista sebentar saja membaca info sederhana band ini. “Hush” a.k.a “Super Ego” a.k.a “Efek Rumah Kaca”, Mengawali karirnya pd tahun 2001 dengan formasi 3org (jgn banyak-banyak tar disangka mau nyaingin yu nomi towel ), sebelumnya nama band ini sudah beberapa kali mengalami perubahan seperti yang saya sebutkan barusan dan nama “Efek Rumah Kaca” muncul pd tahun 2005. Band ini merupakan band indie yg lg booming di Indonesia krn lyricnya yg menyinggung tentang kehiodupan sosial, politik, maupun global warming. Musiknya Cukup sederhana dan easy listening namun banyak lyricnya yang sangat tersirat dan penuh nasehat. Banyak kalangan media yang sangat merespon positip kehadiran band ini krn banyak yg menganggap “Ini lah produk yg di butuhkan Indonesia”. Sampai saat ini mereka sudah mengeluarkan 2 album yaitu “Efek Rumah Kaca (2007) & Kamar Gelap (2008)” dan band ini sangat di akui kualitasnya di Indonesia maupun Internasional salah satunya adalah band ini masuk album kompilasi “PEACE” yang merupakan proyek dari Buffetlibre dan Amnesty International yaitu sebuah organisasi kemanusiaan yang membela hak asasi manusia. Kompilasi ini berisi lagu-lagu eksklusif baru oleh musisi dari lebih 50 negara. Dan ide pokoknya adalah membangun sebuah atlas musik pertama di internet. Bagi agan/sista yg blm pernah denger lagu-lagu band ini, ayo tunggu apa lagi coba dengerin dan nikmati dan pahami maksud dari lirycnya maka agan/sista akan sadar bahwa banyak lagu yg penuh makna,nasihat,dan sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar