Jumat, 12 November 2010

Franco Baresi

Franco Baresi (lahir 8 Mei 1960 di Travagliato , Provinsi Brescia ) adalah pelatih tim junior Milan dan mantan Pemain Bertahan AC Milan diakui sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah tampil, Baresi was colloquially called "piscinin", Milanese dialect for "little one". Baresi adalah bahasa sehari-hari disebut "piscinin", dialek Milan untuk "si kecil".

Ia juga adik dari asisten manajer Inter Milan Giuseppe Baresi . Berharap Franco bisa bermain dengan dia di Nerazzurri ; Giuseppe membawanya untuk di didik di tim Inter junior, tapi Franco ditolak. Meskipun Gagal, dia tidak menyerah dan memutuskan untuk mencoba untuk beralih ke rivalnya AC Milan, dan ia di terima.

Baresi memimpin pertahanan tim Milan dan menjadi bagian terbaik dalam satu dekade, pada masa itu di mana pertahanan Milan dianggap oleh banyak pengamat sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah sepak bola, yang terdiri dari Baresi, Paolo Maldini, Alessandro Costacurta dan Mauro Tassotti. Ia juga salah satu dari beberapa pemain yang menghabiskan seluruh karirnya di satu klub, AC Milan, dengan bermain 719 game, mencetak 33 gol.

Ia pensiun bermain pada tahun 1997 berusia 37. Bersama Milan, Baresi memenangkan enam scudetto (gelar Serie A liga) dan tiga Piala Eropa - meskipun ia tidak ambil bagian dalam kemenangan terakhir, ketika memenangkan Liga Champions 1994i. Dia membimbing mitra defensif Paolo Maldini di tahun-tahun berikutnya, yang mengikuti jejak karirnya

untuk mendedikasikan jasa-jasanya kostum nomor 6 sudah dipensiunkan oleh klub, hal jarang terjadi di sepak bola Italia.

-Z.M-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar